PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMAN 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020

Setiadi, R. Adhriandi Budiman (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMAN 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (54kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3. Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (199kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (797kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK R. ADHRIANDI BUDIMAN SETIADI, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Included by Discovery (ALID) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak pada Manusia (Studi Eksperimen Di Kelas Xi MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning Included by Discovery terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak manusia (studi eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 3 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 97 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil mengunakan teknik cluster random sampling dengan hasil kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk sebanyak 32 butir soal dan test motivasi belajar menggunakan angket dari ARCS Keller sebanyak 36 pernyataan. Analisis data menggunakan uji ANCOVA dengan probabilitas atau taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning Included by Discovery terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaparna tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini ditemukan terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada materi sistem gerak manusia Kata kunci: Hasil belajar, motivasi belajar, model ALID, sistem gerak manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:31
Last Modified: 15 Dec 2022 02:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7742

Actions (login required)

View Item View Item