PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Ciawi Tahun Ajaran 2021/2022)

Salsabila, Nisa Fitma (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Ciawi Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK Nisa Fitma Salsabila. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Gagasan dalam Bentuk Teks Cerita Fantasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Ciawi Tahun Ajaran 2021/2022)” Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan dalam bentuk teks cerita fantasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari dan dipahami peserta didik kelas VII SMP/MTs berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Salah satu komponen penunjang dalam pembelajaran adalah model pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di lapangan, guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Ciawi belum menemukan model pembelajaran yang tepat untuk membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar 3.4 menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi dan kompetensi dasar 4.4 menyajikan gagasan dalam bentuk teks cerita fantasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan dalam bentuk teks cerita fantasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ciawi tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII B sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh model pembelajaran Quantum Learning lebih besar dibandingkan model Inkuiri dalam pembelajaran menelaah struktur, kebahasaan serta menyajikan teks cerita fantasi dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,7 untuk KD pengetahuan yang berkategori tinggi, dan 0,3 untuk KD keterampilan yang berkategori sedang. Sedangkan, rata-rata N-gain pada kelas kontrol adalah 0,6 untuk KD pengetahuan yang berkategori sedang dan 0,2 untuk KD keterampilan yang berkategori rendah. Hasil uji wilcoxon menggunakan software SPSS 25 menunjukkan nilai asymp. sig (2-tailed) 0,000 dan 0,002 < dari 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya model pembelajaran Quantum Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur, kebahasaan serta menyajikan gagasan dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:04
Last Modified: 08 Dec 2022 06:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item View Item