Permatasari, Intan (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT (Penelitan Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (687kB) |
|
Text
2. PENGSAHAN.pdf Download (569kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (576kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (720kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (909kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (728kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
Abstract
ABSTRAK Intan Permatasari. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat jenis teks yang harus dikuasi oleh peserta didik SMP/MTs atau sederajat kelas VII salah satunya yaitu “Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca”. Meskipun demikian masih banyak peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 yang belum mampu mengidentifikasi unusr-unsur dan menceritakan ekmbali isi teks ceria fantasi yang dibaca. Untuk mengatasi permasalahan ini penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaraan Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian yang penulis laksanakan pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data hasil yang dicapai oleh peserta didik. Perolehan nilai siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 25 peserta didik (78%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM 7 peserta didik (22%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 32 orang (100%). Pada siklus I dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 13 peserta didik (41%) dan peserta didik yang di atas KKM sebanyak 19 peserta didik (59%). Pada siklus II semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Artinya, model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 07:07 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7498 |
Actions (login required)
View Item |