Anggawituna, Reka (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA KEMAMPUAN MENDEMONSTRASIKAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM CERITA PENDEK (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajar 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (224kB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (222kB) |
|
Text
lembar pernyataan.pdf Download (159kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (351kB) |
|
Text
Kata Pengantar, Daftar Isi, dll..pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (620kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Reka Anggawituna. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) pada Kemampuan Mendemonstrasikan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajar 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mendemonstrasikan salah satu nilai-nilai yang terkandung dalam teks cerita pendek merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran role playing (bermain peran) terhadap kemampuan mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang terdapat dalam teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis tahun ajar 2021/2022. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metodel eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Ciamis tahun ajar 2021/2022, sedangkan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon pada data nilai tes awal (pretest) dan nilai tes akhir (postest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat juga dari hasil perbandingan nilai rata-rata tes awal (pretest) di kelas eksperimen adalah 41,2 dan nilai tes akhir (postest) adalah 81,5, sedangkan nilai rata-rata tes awal (pretest) di kelas kontrol yaitu 41,6 dan nilai rata-rata tes akhir (postest) yaitu 76,9. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan data tes akhir (postest) kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kemampuan mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang terdapat dalam teks cerita pendek yaitu = 0 dari (0,05) = 35. Artinya model pembelajaran role playing (bermain peran) berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran mendemonstrasikan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis tahun ajar 2021/2022
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:19 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7477 |
Actions (login required)
View Item |