ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TINGKATAN BERPIKIR RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya)

LASMANA, CECEP (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TINGKATAN BERPIKIR RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
142151203_CECEP LASMANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik berdasarkan kategori tingkatan berpikir ranah kognitif taksonomi Bloom revisi pada materi pokok program linier. Metode yang digunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melaksanakan tes tingkatan berpikir ranah kognitif taksonomi Bloom revisi, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini peneliti itu sendiri dengan instrumen pendukungnya meliputi lembar soal tes tingkatan berpikir ranah kognitif taksonomi Bloom revisi, soal tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Responden dalam penelitian ini terdiri dari satu peserta didik dari masing-masing kategori tingkatan berpikir ranah kognitif yaitu C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (membuat) secara purposive berdasarkan hasil tes tingkatan berpikir ranah kognitif taksonomi Bloom revisi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkatan berpikir peserta didik kelas XI MIPA 1 berdasarkan klasifikasi tingkatan berpikir ranah kognitif taksonomi Bloom revisi diperoleh bahwa 11 peserta didik mampu mengerjakan soal sampai tingkatan berpikir C1; 4 peserta didik mampu mengerjakan soal sampai tingkatan berpikir C2; 2 peserta didik mampu mengerjakan soal sampai tingkatan berpikir C3; 3 peserta didik mampu mengerjakan soal sampai tingkatan berpikir C4; 1 peserta didik mampu mengerjakan soal sampai tingkatan berpikir C5; dan 1 orang peserta didik mampu mengerjakan soal sampai tingkatan berpikir C6. Selanjutnya peserta didik dengan tingkatan berpikir C1 hanya mampu mencapai indikator kemampuan penalaran matematis mengajukan dugaan. Peserta didik dengan tingkatan berpikir C2 dan C3 mampu mencapai indikator kemampuan penalaran matematis memeriksa kesahihan argumen, menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Peserta didik dengan tingkatan berpikir C4 mampu mencapai indikator kemampuan penalaran matematis mengajukan dugaan, memeriksa kesahihan argumen, menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Peserta didik dengan tingkatan berpikir C5 dan C6 mampu mencapai semua indikator kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, tingkatan berpikir ranah kognitif, taksonomi Bloom revisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:37
Last Modified: 04 Sep 2019 08:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item