DIINI, LUTFI AHABBA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (172kB) |
|
Text
3. surat keterangan sidang tahap 2.pdf Download (237kB) |
|
Text
4. pernyataan keaslian.pdf Download (159kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. kata pengantar.pdf Download (82kB) |
|
Text
7. daftar isi.pdf Download (39kB) |
|
Text
8. bab 1.pdf Download (106kB) |
|
Text
9. bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
Text
10. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
11. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13. daftar pustaka.pdf Download (162kB) |
|
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text
15. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
ABSTRAK LUTFI AHABBA DIINI. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Perbandingan Trigonometri. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi perbandingan trigonometri. Produk hasil dari proses pengembangan ini berupa media pembelajaran berupa video animasi bahan ajar dan lembar kerja, link presensi, link pengumpulan lembar kerja, serta link soal evaluasi yang dihimpun dalam platform online yaitu linktree. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan penyebaran angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari tiga ahli materi, dua ahli media, dan dua observer. Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas isi tujuan, kualitas teknis, dan kualitas instruksional. Pada penilaian kualitas isi tujuan dan kualitas teknis, ahli materi dan ahli media menyatakan media pembelajaran masuk kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian kualitas instruksional pada uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran juga dinyatakan masuk pada kategori sangat layak, sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran matematika di sekolah. Kata kunci: Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika, Perbandingan Trigonometri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 08:45 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7329 |
Actions (login required)
View Item |