PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN KELUARGA MELALUI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

MUKAROMAH, PIA SOPIATUL (2022) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN KELUARGA MELALUI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.PDF

Download (52kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (540kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (511kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR-DAF LAMPIRAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pia sopiatul Mukaromah, (2022). Skripsi. Pengaruh Teman Sebaya dan Lingkungan Keluarga melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI IPS MAN 1 Tasikmalaya Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti., M.M dan Rd. Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik yang bisa dikatakan cukup rendah sehingga nilainya berada dibawah nilai KKM yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teman Sebaya dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu survei Eksplanatory. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X dan XI IPS MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 199 peserta didik. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Proportionate Random Sampling dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak dan berstrata secara proporsional. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analyisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 25.0 For Windows. Hasil analisis jalur atau Path Analysis pengaruh langsung menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan teman sebaya terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikan 0,008, terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikan 0,000, tidak terdapat pengaruh secara signifikan teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,096, tidak terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,926, terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000. Kemudian dari pengaruh tidak langsung menunjukkan tidak terdapat pengaruh secara signifikan teman sebaya terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai t hitung 0,293, terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai t hitung 6,5. Kata kunci : Hasil , Motivasi, Teman Sebaya, Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:43
Last Modified: 10 Nov 2022 08:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7325

Actions (login required)

View Item View Item