Arwin, M. Nursyamsi (2022) PENGGUNAAN NOVEL SYAHADAH MUSTHAFA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA DI KELAS XI MIPA I MAN I TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (960kB) |
|
Text
LEMBAR TTD PENGUJI.pdf Download (848kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (976kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (264kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK M. Nursyamsi Arwin. 182171064. Penggunaan Novel Syahadah Musthafa Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Pendudukan Jepang Di Indonesia Di Kelas XI MIPA MAN I Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan novel Syahadah Musthafa sebagai sumber belajar pada materi pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI MIPA I MAN I Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data terdiri dari dokumen (novel syahadah musthafa), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), informan (guru sejarah dan siswa kelas XI MIPA I), tempat serta peristiwa saat pembelajaran dengan menggunakan novel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, pembahasan novel dan analisis dokumen serta diuraikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan metode. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Materi sejarah yang terdapat dalam novel tidak semuanya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar yang berlaku pada pembelajaran, sehingga guru harus cerdas mengklasifikasikannya. (2) Guru mempersiapkan segala hal yang akan dipergunakan dalam pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (3) Novel digunakan sebagai sumber belajar relevan dan tambahan referensi oleh guru dan siswa. (4) Kelebihan novel Syahadah Musthafa sebagai sumber belajar adalah bacaannya mudah dipahami, penulisan dan diksinya menarik serta memuat pengetahuan sejarah yang dikemas secara modern. Sedangkan kekurangannya adalah ketersediaan novel di sekolah minim, perlu waktu lama untuk memahami isi novel dan memerlukan biaya cukup banyak untuk mendapatkan novel. Kata kunci: novel, syahadah musthafa, sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 08:40 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7304 |
Actions (login required)
View Item |