PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN BANTUAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis Tahun Pelajaran 2018/2019)

AULIA DEWI, RIVANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN BANTUAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB 4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pemahaman konsep siswa yang masih rendah menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru sebab jika aspek kognitif pemahaman saja belum dapat tercapai maka akan sulit untuk mencapai aspek kognitif yang lebih tinggi dari pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan bantuan media poster dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis sebanyak 166 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa di kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa di kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dengan materi bank sentral sebanyak 25 soal pilihan ganda dengan 5 option. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 23 yaitu uji paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Dari hasil tes yang sudah dilakukan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari ratarata hasil pretest kelas eksperimen yakni sebesar 29,94 dan posttest sebesar 84,12. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil pretest sebesar 36,59 dan posttest sebesar 74,12. Uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,77 menunjukkan skor gain termasuk kategori tinggi, sedangkan uji N-Gain kelas kontrol sebesar 0,58 skor gain termasuk kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan bantuan media poster dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci : cooperative, script, pemahaman, konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:13
Last Modified: 03 Sep 2019 01:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item