FITRIYANINGSIH, INDRI (2021) PENGEMBANGAN MOODLE BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIK PADA MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (138kB) |
|
Text
Kata Pengantar, daftar isi, daftar tabel.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK INDRI FITRIYANINGSIH. 2021. PENGEMBANGAN MOODLE BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIK PADA MATERI TRIGONOMETRI. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Moodle berbasis Flipped Classroom, untuk mengetahui peningkatan literasi matematik peserta didik pada materi Trigonometri setelah menggunakan Moodle berbasis Flipped Classroom, dan mengetahui kualitas efektivitas Moodle berbasis Flipped Classroom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran (Mix Methods) dengan desain penelitian concurrent embedded dengan penelitian pengembangan dari Thiagarajan sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekundernya. Subjek dari penelitian ini adalah satu orang ahli media, satu orang ahli materi, dan sebanyak 32 peserta didik di SMK Ma’arif NU Ciamis menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, validasi media dan materi, memberikan angket respon kepada peserta didik, dan tes kemampuan literasi matematik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar angket, lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar soal tes kemampuan peserta didik. Semua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah dinyatakan layak. Berdasarkan hasil penelitian, (a) tahap pendefinisian melalui studi literatur materi, literasi matematik, dan studi lapangan yang dilakukan berupa observasi mengenai media pembelajaran, sikap peserta didik dan wawancara terhadap pendidik; (b) tahap perancangan yang menghasilkan flowchart, storyboard, sintaks pengaplikasian Moodle, penyusunan materi, lembar validasi, soal literasi matematik, dan angket respon peserta didik; (c) tahap pengembangan yang menghasilkan produk pengembangan yang selanjutnya dilakukan evaluasi oleh ahli. Hasil validasi dari ahli media dan materi dinyatakan “valid”. Selain itu dilakukan tes terhadap literasi matematik kepada 32 peserta didik setelah menggunakan produk pengembangan. Respon diberikan dan sebanyak 80,33% peserta didik memberikan penilaian baik; dan (d) tahap penyebaran yaitu disebarkannya media pembelajaran Moodle berbasis Flipped Classroom yang terbatas pada penyebarluasan produk di lingkungan tempat penelitian dilakukan. Kualitas efektivitas dari penggunaan Moodle berbasis Flipped Classroom untuk meningkatkan literasi matematik pada materi Trigonometri mengacu pada hasil perhitungan effect size sebesar 1,98 yang menunjukan interpretasi efektivitas yang besar. Peningkatan literasi matematik peserta didik mengacu pada hasil perhitungan N-Gain yang diperoleh hasil presentase sebanyak 56,25% menunjukkan interpretasi peningkatan yang “Tinggi”. Kata kunci: Moodle, Flipped Classroom, Literasi Matematik, Trigonometri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 08:13 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 08:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6710 |
Actions (login required)
View Item |