PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kabupaten Ciamis)

YAKUB PIRDAUS, RIKI (2019) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER OK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK OK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI OK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN OK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA OK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN OK.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya prestasi belajar Ekonomi berdasarkan nilai rata-rata UN Ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Ciamis pada tahun pelajaran 2015-2018 selalu menurun secara signifikan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan populasi penelitian seluruh siswa Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kabupaten Ciamis yang berjumlah 1571 siswa yang tersebar di 17 sekolah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 373 siswa yang tersebar di 9 sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelilitian ini menunjukan bahwa siswa SMAN se-Kabupaten Ciamis memiliki tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga yang rendah, motivasi belajar yang sangat tinggi, serta prestasi belajar ekonomi yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar karena menghasilkan nilai estimasi 0,021² atau 0,0004 jika dipersenkan pengaruhnya 0%., sedangkan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 41%, kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh sangat kecil terhadap prestasi belajar sebesar 1%, dan tidak ada pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar karena berdasarkan analisis jalur nilai t hitung < dari nilai t tabel (5%) atau 0,412 < 1,96. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:08
Last Modified: 03 Sep 2019 01:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item