PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DAN POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sindangkasih)

FEBRIANI, RIFA (2019) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DAN POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sindangkasih). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Skripsi Rifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini mengenai hasil belajar peserta didik yang masih sangat rendah, adapun tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran komik dan poster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 peserta didik dimana teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana terdapat 71 peserta didik yang terbagi pada kelas eksperimen komik yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas eksperimen poster sebagai pembanding yaitu kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 peserta didik. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples T-Tes untuk kelas eksperimen komik dan kelas eksperimen poster, sedangkan untuk N-Gain menggunakan uji Independent Samples T-Tes. Adapun hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh P Value kelas eksperimen komik p = 0,000 jadi, diterima ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran komik sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen komik. Untuk hipotesis kedua diperoleh P Value kelas eksperimen poster p = 0,000 jadi diterima dan ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran poster sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen poster. Hipotesis ketiga diperoleh P Value N-Gain p = 0,000 jadi diterima dan ditolak artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran komik dan media pembelajaran poster sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Komik, Media Pembelajaran Poster, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:07
Last Modified: 03 Sep 2019 01:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item