PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS MAS Cilendek Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Purnamasari, Restu (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS MAS Cilendek Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
03. KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
04. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA rpurnamas.pdf

Download (7kB)

Abstract

Permasalahan ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa dalam mempelajari materi yang membuat nilai siswa tidak maksimal karena berbagai faktor. Tujuan dalam penelitian ini terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa lebih baik. Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model pembelajaran konvensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Swasta Cilendek Kota Tasikmalaya. Teknik sampel yang diambil menggunakan purposive sampling dari seluruh kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 25 orang untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sedangkan X IPS 2 dengan jumlah siswa 26 untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 26 soal. Berdasarkan pengolahan data uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang mengggunakan pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:07
Last Modified: 03 Sep 2019 01:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item