PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya danKewirausahaanKelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciawi Tasikmalaya)

Pratiwi Haryono, Putriani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya danKewirausahaanKelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciawi Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
III METODE PENELITIAN (Autosaved).pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang masih rendah. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning ditujukkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23 yaitu uji paired sample t test dan independent sample t test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil perhitungan uji paired sample t test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai yang sama yaitu Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas control sebelum dan sesudah perlakuan. Sedangkan untuk hasil uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka H0 ditolak, kesimpulannya bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Kata Kunci: Model, Project Based Learning, Konvensional, Kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:59
Last Modified: 30 Aug 2019 07:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item