PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras)

RINDIYANTI, PUPUT (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan bantuan media visual pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 125 siswa dan sampel penelitiannya adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas, diketahui bahwa kedua kelas tersebut memiliki data yang berdistribusi normal dan varians homogeny, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test serta effect size. Dari hasil pengujian paired sampel t-test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) untuk kedua kelas tersebut memperoleh nilai sebesar 0,000 maka nilai signifikan Sig. (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis kesatu dan kedua Hₒ ditolak, kesimpulannya untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing terdapat perbedaan kemampuan beripikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan. Sedangkan dari hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 hal tersebut menunjukan nilai signifikan Sig. (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis ketiga Hₒ ditolak, kesimpulannya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sesudah perlakuan pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan bantuan media visual dan kelas kontrol sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka penggunaan model pembelajaran Problem Solving dengan bantuan media visual lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Jatiwaras dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai mean difference sebesar 0,16572 atau meningkat sebesar 16%. Kefektifan dari model pembelajaran problem solving dibuktikan dengan diperoleh nilai effect size sebesar 0,881 atau 88,1%, nilai tersebut berkategori besar. Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Problem Solving, Kemampuan, Berpikir, Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:58
Last Modified: 30 Aug 2019 07:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item