PENGARUH KONDISI PESERTA DIDIK DAN SARANA PRASARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya)

NABILA APRILIANI, NINDI (2019) PENGARUH KONDISI PESERTA DIDIK DAN SARANA PRASARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. ABSTRAK SKRIPSI NINDI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
7. BAB 1 FIX.pdf

Download (98kB)
[img] Text
8. BAB 2 FIX salah.pdf

Download (464kB)
[img] Text
9. BAB 3 FIX EDIT 2.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB 4 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
11. BAB 5 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah prestasi belajar peserta didik kelas X IPS SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi. Masih banyak peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh SMA Islam Cipasung yaitu 75. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kondisi peserta didik dan sarana prasarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survei dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, penyebaran angket, dan study dokumentasi. Populasi yang di tetapkan yaitu 202 peserta didik kelas X IPS SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya dan jumlah sampel sebanyak 135 responden dan dihitung validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data yang digunakan mengenai: Uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji hipotesa berupa uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 24,073 + 0,412X1 + 0,162X2 dengan hasil uji t untuk variabel kondisi peserta didik yaitu nilai thitung sebesar 3,733 dan ttabel 1,978099 dan sarana prasarana belajar thitung 3,204 dan ttabel 1,978099 atau thitung ttabel. Artinya kondisi peserta didik dan sarana prasarana belajar di sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Selanjutnya hasil dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebsar 0,338 berarti pengaruh kondisi peserta didik dan sarana prasarna belajar di sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik hanya sebesar 33,8% sedangkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar jauh lebih besar yaitu sebesar 66,2%. Dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 35,259 dan Ftabel 3,063715 atau Fhitung Ftabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kondisi peserta didik dan sarana prasarana belajar di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Belajar, Kondisi, Prasarana, Prestasi, Sarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:55
Last Modified: 30 Aug 2019 07:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item