PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

ERNANDA, MELANIA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Resmi.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Daftar isi,tabel,gambar.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK MELANIA ERNANDA 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Lesson Study terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi manusia di Kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 pada materi sistem respirasi manusia. Metode penelitian yang digunakan yaitu true experiment dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas yang berjumlah 273 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan berpikir kritis berupa soal uraian berjumlah 15 soal. Instrumen yang digunakan tes keterampilan berpikir kritis pada materi sistem respirasi manusia. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov yang diperoleh nilai signifikansi 0.140 > 0.05 dan uji Levene yang diperoleh nilai signifikansi 0.848 > 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji t independen hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan nilai signifikan diperoleh 0.023 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning berbasis Lesson Study terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di Kelas X MIPA SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 pada materi sistem respirasi manusia. Kata Kunci: Problem Based Learning, Lesson Study, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:23
Last Modified: 09 Sep 2022 08:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6522

Actions (login required)

View Item View Item