HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi korelasi di kelas X MIA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

WAFIKAH, SHOFA (2022) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi korelasi di kelas X MIA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf

Download (255kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK SHOFA WAFIKAH. 2021. HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasi di Kelas X MIA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X MIA MAN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan April 2022.Metode penelitian ini adalah metode penelitian korelasi dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan instrumen soal berupa soal uraian sebanyak 19 soal,dan non tes digunakan untuk mengukur kepercayaan diri peserta didik dengan instrumen berupa angket sebanyak 31 soal. Berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA MAN 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,413 dan determinasi (R Square) sebesar 0,171 yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memberikan pengaruh sebesar 17,1% terhadap kemampuan berpikir kritis. Hubungan positif berarti jika nilai kepercayaan diri peserta didik naik maka nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik pun akan naik. Kata kunci: Kepercayaan diri, Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:21
Last Modified: 09 Sep 2022 08:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item