Aulia, Hilda (2022) ANALISIS UNSUR, STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA DALAM SURAT KABAR RADAR TASIKMALAYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Penelitian Deskriptif terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Berita dalam Surat Kabar Radar Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (44kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (373kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (82kB) |
|
Text
9. BAB I Pendahuluan.pdf Download (68kB) |
|
Text
10. BAB II Kajian Teoretis.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
11. BAB III Prosedur Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
12. BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
|
Text
13. BAB V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) |
Abstract
ABSTRAK Hilda Aulia, 2022. Analisis Unsur, Struktur dan Kebahasaan Teks Berita dalam Surat Kabar Radar Tasikmalaya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VIII. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Teks berita merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas VIII yaitu pada KD 3.1 dan 3.2. Melalui wawancara yang penulis lakukan dengan guru SMP Negeri 1 Cimaragas diketahui bahwa terdapat permasalahan yang berkaitan dengan bahan ajar teks berita, yaitu kurangnya sumber bahan ajar dan kurang sesuainya bahan ajar teks berita yang ada pada buku paket yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya teks berita pada surat kabar Radar Tasikmalaya sebagai bahan ajar teks berita untuk kelas VIII. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian deskriptif analitis yaitu metode penelitian untuk mendeskripsikan suatu objek untuk menjawab suatu permasalahan penelitian yang menggambarkan kondisi apa adanya, tanpa memberi perlakuan ataupun manipulasi pada variabel yang diteliti. teknik pengumpulan yang penulis lakukan yaitu teknik wawancara untuk mengetahui permasalahan awal dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan teks berita yang akan dianalisis. Sumber data penelitian adalah teks berita yang terdapat pada surat kabar Radar Tasikmalaya yang diterbitkan pada 1 Februari hingga 15 April 2021 dengan 93 populasi dan 10 sampel. Langkah-langkah penelitian yang penulis lakukan yaitu diawali dengan observasi awal untuk menemukan permasalahan yang ada di lapangan. Penulis menemukan bahwa kriteria bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan juga sesuai dengan tingkat keterbacaan peserta didik. Setelah menemukan permasalahan tersebut, penulis menentukan metode penelitian yang cocok dengan permasalahan yang ada. Penulis menganalisis teks berita yang ada dalam surat kabar Radar Tasikmalaya berdasarkan kriteria bahan ajar teks berita untuk peserta didik kelas VIII, untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks berita dalam surat kabar Radar Tasikmalaya dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks berita untuk peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima teks berita yang memiliki struktur, unsur, kaidah kebahasaan dan keterbacaan yang sesuai dengan kriteria bahan ajar teks berita untuk kelas VIII dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks berita untuk peserta didik kelas VIII. Lima teks lainnya kurang layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks berita karena tidak memiliki kaidah kebahasaan teks berita yang lengkap dan memiliki tingkat keterbacaan di atas kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:48 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6449 |
Actions (login required)
View Item |