PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Pelajaran 2018/2019)

FAUJIAH, FUJA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FUJA FAUJIAH 152165057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Cihaurbeuti, yaitu masih banyaknya siswa yang hasil belajarnya belum mencapai KKM dengan KKM 75 khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Siswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya 7% dan siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM 93% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Yaitu hanya 10 siswa dari 143 siswa yang nilainya diatas KKM. Sehubungan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain noequivalent pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yang didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas tersebut. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan khusus sehingga kelas yang dipilih adalah XI IPS 1 dan XI IPS 4 yang terdiri dari 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 81.861 sedangkan kelas kontrol sebesar 75.914 dan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.707 untuk kelas kontrol sebesar 0.614. Kemudian berdasarkan perhitungan SPSS 22.0 nilai Sig.2-tailed adalah 0.00 < 0.05. Kemudian Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray diketahui dengan efek size yaitu memperoleh nilai d = 0.337 dengan kategori sedang dengan presentase sebesar 62% Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:34
Last Modified: 28 Aug 2019 06:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item