PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

SETIAWAN, VANTIA MAYLAN (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
8. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
9. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENEITIAN.pdf

Download (594kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
12. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Vantia Maylan Setiawan. (2021). Skripsi. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar serta Implikasinya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring (Survei pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. H. Yoni Hermawan, M.Pd dan Rendra Gumilar, M.Pd. Masalah dalam Penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran ekonomi saat pembelajaran daring terbilang rendah bahkan sebanyak 81,8% tidak tuntas mencapai nilai KKM. Hal ini mengindikasikan adanya masalah yang berkaitan dengan ranah afektif atau sikap belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu survei eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengambil peminatan dan lintas minat mata pelajaran ekonomi berjumlah 187 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 66%. secara parsial disiplin belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 62,1% dan lingkungan keluarga berpengaruh kecil terhadap motivasi belajar sebesar 13%, sedangkan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 31,6% dan lingkungan keluarga berpengaruh kecil terhadap hasil belajar sebesar 11,5%, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 49,3%, sementara ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 62,2% dengan t hitung lebih besar dari t tabel atau 6,34 > 1,96, dan ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 17,9% dengan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,02 >1,96. Kata Kunci : Hasil, Disiplin , Lingkungan, Motivasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:09
Last Modified: 15 Jul 2022 02:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item View Item