PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTUN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA

Hermansyah, Rizky Nugraha (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTUN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (6kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR-1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (296kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. bab 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
10. bab 2.pdf

Download (678kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (674kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
22. DAFTAR PUSTAKA FIXED.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK Rizky Nugraha Hermansyah (152165058). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Kartun dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen terhadap Peserta Didik kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Pelajaran 2019/2020) Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Ai Nur Solihat, M. Pd. Masalah pada penelitian mengenai rendahnya kemampuan analisis peserta didik dalam mempelajari materi pembelajaran, sehingga peserta didik tidak maksimal dalam menyerap materi yang disampaikan oleh pendidik. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS. Sampel Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan analisis peserta didik berupa soal uraian (essay) sebanyak 14 soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 23 yaitu paired t-test dan independent t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil penelitian, pengolahan dan analisis data, menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan analisis peserta didik dapat dilihat pada nilai rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 84 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 81. Hasil ini terbukti bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen meningkatkan kemampuan analisis peserta didik yang lebih baik dibandingkan dengan proses pembelajaran di kelas kontrol dan diperoleh effect size sebesar 0,173 Kata Kunci: kemampuan, analisis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:05
Last Modified: 15 Jul 2022 02:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6302

Actions (login required)

View Item View Item