Nurpatwa, Rahma (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Husnul Khotimah Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (75kB) |
|
Text
04. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL-4-10.pdf Download (21kB) |
|
Text
05. BAB 1.pdf Download (116kB) |
|
Text
06. BAB II.pdf Download (230kB) |
|
Text
07. BAB III.pdf Download (392kB) |
|
Text
08. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
|
Text
09. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahma Nurpatwa. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Menciptakan Kembali Teks Anekdot Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Mach (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Husnul KhotimahTahun Ajaran 2019/2020). Perubahan kurikulum yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia yaitu perubahan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. Salah satu teks yang harus peserta didik pelajari dalam kurikulum 2013 revisi yaitu teks anekdot. Kemampuan dasar yang digunakan untuk teks anekdot ini yaitu KD 3.4 menganalisis struktur dan kebahasaan serta KD 4.4 menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe make a match meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot pada pada peserta didik Kelas X SMK Husnul Khotimahtahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.4 yaitu menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot, masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 3 orang atau 27% sementara pada aspek keterampilan 4.4 yaitu menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan, peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 4 orang atau 31%. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kedua, pada aspek pengetahuan 3.4 peserta didik yang sudah mencapai KKM berjumlah 16 orang atau 100% dan pada aspek keterampilan 4.4 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 16 orang atau 100%. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot pada pada peserta didik kelas X SMK Husnul Khotimah tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6251 |
Actions (login required)
View Item |