MEILANI AHSANA PRAIKA, AYU (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Kelas XI IPS MAN Kota Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAB IV FIX BANGET REVISIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
Fokus permasalahan dalam penelitian terkait dengan rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas XI IPS MAN Kota Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian merupakan quasi experimental design. Populasi penelitian ini kelas XI IPS sebanyak 59 siswa. Teknik sampel menggunakan sampling jenuh yaitu dimana seluruh populasi dijadikan sampel, XI IPS 1 sebanyak 26 siswa dan Kelas XI IPS 2 sebanyak 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir analitis berjumlah 10 butir soal yang berbentuk essai. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 23.0. Hasil perhitungan uji paired sample t test sebelum dan sesudah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai yang sama yaitu dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan pada uji effect size penggunaan model pembelajaran discovery learning memiliki keefektivitasan sebesar 84% dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran ekonomi lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:43 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 04:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/619 |
Actions (login required)
View Item |