PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Mangunjaya Tahun Ajaran 2021/2022)

NURHIDAYAT, WAHYU (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Mangunjaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB III_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_182153007_WAHYU NURHIDAYAT.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Nurhidayat. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Berdasarkan hasil pengamatan di SMA Negeri 1 Mangunjaya diketahui bahwa kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dengan metode konvensional. Selain itu, indikator soal yang diberikan sebatas pada capaian indikator C4 (menganalisis) sehingga kurang adanya proses yang menunjang peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs (Conceptual Understanding Procedures) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan quasi experimental. Jenis desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mangunjaya dengan populasi penelitian yakni seluruh kelas XI MIPA sebanyak 6 kelas dengan total 205 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan ialah dengan cluster random sampling dengan hasil sampling yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:32
Last Modified: 24 Jun 2022 08:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item