PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA SERTA MENYAJIKAN DATA, INFORMASI DALAM BENTUK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMPN 2 Puspahiang Tahun Ajaran 2021/2022)

Nurdiana, Wening Arundimelia (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA SERTA MENYAJIKAN DATA, INFORMASI DALAM BENTUK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMPN 2 Puspahiang Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (123kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Wening Arundimelia Nurdiana. 2022. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Serta Menyajikan Data, Informasi Dalam Bentuk Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMPN 2 Puspahiang Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan data informasi dalam bentuk berita merupakan KD (kompetensi dasar) yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Puspahiang tahun ajaran 2021/2022 masih banyak yang belum mencapai KKM. Maka, penulis melakukan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan data informasi dalam bentuk berita. Tujuan penelitian ini, (1) mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Concept Sentence meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Puspahiang tahun ajaran 2021/2022 dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita, (2) mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Concept Sentence meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Puspahiang tahun ajaran 2021/2022 dalam menyajikan data informasi dalam bentuk berita. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil pengolahan data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dari siklus satu sampai dengan siklus kedua. Hasil belajar pada peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siklus satu yaitu sebanyak 11 orang (41%) yang mencapai KKM dan yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 16 (59%) sedangkan dalam menyajikan data informasi dalam bentuk berita pada siklus satu yaitu 9 orang (33%) yang sudah mencapai KKM dan yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 18 (67%). Pada siklus kedua baik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita maupun dalam menyajikan data informasi dalam bentuk berita, peserta didik seluruhnya telah mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yaitu 27 orang (100%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis tindakan ini diterima. Artinya, bahwa model pembelajaran Concept Sentence ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Puspahiang tahun ajaran 2021/2022 dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan data informasi dalam bentuk berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:56
Last Modified: 23 Jun 2022 02:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item