DIANA, RHIFA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
ABSTRAK Rhifa Diana. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEORI KINETIK GAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi teori kinetik gas dan kurangnya inovasi penggunaan model dalam pembelajaran Fisika. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis laboratorium terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi teori kinetik gas di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilimus tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September 2021 sampai dengan bulan April 2022 di SMA Negeri 1 Cilimus. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilimus sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 213 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk esai dengan jumlah soal 14 butir pada materi teori kinetik gas. Masingmasing soal tersebut mencakup 4 indikator keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 07:18 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 07:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5900 |
Actions (login required)
View Item |