KULSUM, ELSA SITI (2022) PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) ANGGOTA KSPPS BMT MIFTAHUSSALAM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (40kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
Abstract
ABSTRAK Elsa Siti Kulsum 2022, Peran Pembiayaan Murabahah dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) anggota KSPPS BMT Miftahussalam Ciamis. Permodalan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, sehingga peran lembaga keuangan syariah melalui pembiayaan murabahah yaitu dengan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui modal usaha. Peran pembiayaan murabahah bagi pelaku UMKM adalah untuk meningkatkan omset/pendapatan usahanya, namun peran tersebut terkendala oleh faktor pemasaran yang pasang surut sehingga pendapatan usaha tidak menentu. Kendala tersebut berimbas pada pendapatan yang tidak stabil. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembiayaan murabahah dalam mengembangkan usaha anggotanya. Studi penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang didapat bersumber dari data primer dimana peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi di KSPPS BMT Miftahussalam. Kemudian data sekunder diperoleh melalui pengumpulan data-data dari KSPPS BMT Miftahussalam yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai instrumen penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa kendala dari faktor pemasaran yang pasang surut yang berakibat pada pendapatan usaha yang tidak stabil disebabkan oleh kurangnya wawasan pelaku UMKM terkait cara berwirausaha dan cara memasarkan produk yang benar, serta pendampingan kegiatan usaha UMKM terutama faktor pemasaran yang kurang intensif oleh pihak KSPPS BMT Miftahussalam Ciamis. Pihak BMT hanya memberikan modal usaha kepada mitra usaha dan hanya memonitor pada saat pembayaran angsuran. Kendala ini sering terjadi pada pelaku UMKM sehingga adanya perlu sosialisasi mengenai naik turunnya penjualan sehingga butuh evaluasi terkait penyebab konsumen mulai jenuh, setelah itu melakukan perbaikan pemasaran. Oleh karena itu pemberian pembinaan sangat diperlukan untuk menambah kemampuan serta wawasan pelaku UMKM terkait cara berwirausaha yang benar sehingga memiliki jangkauan pemasaran pelaku UMKM semakin luas. Kata Kunci : Peran, Manfaat, Pengembangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 05:53 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 05:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5895 |
Actions (login required)
View Item |