PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR ( Studi Kasus : KSPPS BMT Al-Ittihad Kota Tasikmalaya )

FAUZI, DEDE (2020) PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR ( Studi Kasus : KSPPS BMT Al-Ittihad Kota Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK DEDE FAUZI 2020, Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderator, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. BMT yaitu lembaga keuangan mikro (LKM) yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah. BMT memiliki fungsi sebagai lembaga intermediasi kepada masyarakat. BMT Al-Ittihad memiliki pelayanan yang sudah sesuai dengan standar. Namun, Berdasarkan data bahwa dari tahun ke tahun tingkat ketidakloyalitasan atau anggota pasif lebih besar dari anggota aktif. Maka dari itu, BMT harus memberikan pelayanan yang prima sehingga masyarakat atau anggota akan loyal kepada suatu lembaga. Keloyalitasan anggota akan penting bagi suatu lembaga sebagai suatu aset. Untuk mencapai suatu keloyalitasan lembaga diharuskan memberikan rasa kepuasan melalui pelayanan yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelayanan prima terhadap loyalitas anggota dengan kepuasan sebagai variabel moderator di BMT Al-Ittihad Kota Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap loyalitas anggota dengan kepuasan sebagai variabel moderator pada BMT Al-Ittihad Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dengan pengumpulan informasi melalui kuesioner dan pengambilan sampel anggota BMT Al-Ittihad Kota Tasikmalaya sebanyak 97 responden. Teknik analisa data menggunakan analisis jalur, analisis uji-t dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat pengaruh X terhadap Y Berdasarkan analisa persamaan regresi Y = 0,120X + 0,992 dan Koefisien determinasi Sebesar 1,4% 2) Terdapat Pengaruh X terhadap Z berdasarkan analisa persamaan regresi linier Z = 0,155X dan Koefisien Determinasi sebesar 2,4%.. 3) Terdapat Pengaruh Z terhadap Y berdasarkan analisa persamaan regresi linier Y = 0,578Z dan Koefisien Determinasi sebesar 33,4%.. Hasil Penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara X terhadap Y dengan variabel Z berdasarkan analisa persamaan regresi diperoleh nilai Y = 0,031X + 0,573Z + 0,815 dan koefisien determinasi sebesar 33,5%, yang mana 0,120 > 0,089. Maka dapat di simpulkan bahwa Hipotesis 1 ; Pelayanan Prima tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Anggota (Ha1) ditolak , Hipotesis 2 ; Pelayanan Prima tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Ha2) ditolak dan Hipotesis 3 ; Kepuasan Anggota berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Anggota (Ha3) diterima sehingga hipotesis 4 Pelayanan Prima terhadap Loyalitas Anggota dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderator (Ha4) ditolak Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepuasan, dan Loyalitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 08:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item