PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI SERTA MENULIS TEKS EKSPOSISI ARTIKEL ILMIAH POPULER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Khasanah, Uswatun (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI SERTA MENULIS TEKS EKSPOSISI ARTIKEL ILMIAH POPULER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
uswatun_162121057_skripsi full_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Uswatun Khasanah. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi serta Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, teks eksposisi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik. Meskipun demikian, berdasarkan informasi yang penulis dapatkan, di SMP Negeri 4 Tasikmalaya, khususnya kelas VIII D, banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi serta menulis teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi serta menulis teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus ke-1 (untuk kompetensi pengetahuan) terdapat 11 peserta didik (34%) yang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) dan 21 peserta didik (66%) yang belum mencapai KKB. Pada siklus ke-2 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Pada siklus 1 (untuk kompetensi keterampilan), terdapat 14 peserta didik (44%) yang mencapai KKB dan 18 peserta didik (56%) yang belum mencapai KKB, sedangkan pada siklus ke-2 seluruh peserta didik (100%) mampu mencapai KKB. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon, baik untuk kompetensi pengetahuan maupun keterampilan, diperoleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (2,5758). Artinya, Model pembelajaran mind malping dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi serta menulis teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 08:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item