MANIK, UTHET REZHA MARDALANI (2020) PENGARUH DIMENSI SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP PROFESIONALISME KERJA WANITA KARIER DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (198kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, MOTTO DAN PERSEMBAHAN, ABSTRAK, ABSTRACT, KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (726kB) |
|
Text
3. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (405kB) |
|
Text
4. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.docx.pdf Download (628kB) |
|
Text
5. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (930kB) |
|
Text
6. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
7. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN-1-6.pdf Download (297kB) |
Abstract
ABSTRAK UTHET REZHA MARDALANI MANIK. 2020. PENGARUH DIMENSI SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP PROFESIONALISME KERJA WANITA KARIER DI KOTA TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibimbing oleh Drs. H. Syaefuddin, M.Si dan Lesi Oktiwanti, M.Pd Wanita karier seringkali merasa dilema karena peran ganda yang dialaminya. Apabila wanita karier memementingkan pekerjaan di luar rumah, maka waktu bersama keluarga akan terbatas dan sulit untuk membagi waktu antara urusan rumah tangga dan urusan pekerjaan. Begitupun sebaliknya, jika wanita lebih mementingkan pekerjaan, maka akan terjadi kerentanan dalam hubungan keluarga. Oleh karena itu, perlunya pemahaman konsep Self Directed Learning supaya dapat diterapkan dalam kehidupannya guna meningkatkan profesionalisme kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dimensi Self Directed Learning terhadap profesionalisme kerja wanita karier di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif survei dengan menggunakan pendekatan survei yang bersifat kuantitatif pada wanita karier di Kota Tasikmalaya sejumlah 100 orang dengan ∝ = 0,1 dari jumlah populasi sebanyak 4024 wanita karier di Kota Tasikmalaya dengan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode kuesioner (angket). Berdasarkan hasil analisis data, secara simultan dimensi Self Directed Learning berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme kerja sebesar 56,6%. Sikap antusias, motivasi, kepercayaan diri sangat membantu wanita karier dalam melaksanakan belajar swaarah dengan menjadikan pengalaman hidup sebagai acuan untuk merencanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi diri dalam pembelajaran swaarah, serta memiliki budaya belajar yang baik, dan mendapatkan dukungan untuk selalu meningkatkan profesionalisme kerjanya. Dukungan tersebut berasal dari keluarga, kebijakan pemerintah, dan instansi tempat bekerja wanita karier di Kota Tasikmalaya. Maka dapat disimpulkan bahwa wanita karier yang memiliki person yang tinggi jika didukung oleh konteks yang memadai, maka proses Self Directed Learning akan dilakukan dengan maksimal untuk meningkatkan profesionalisme kerja wanita karier di Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Self-Directed Learning, Profesionalisme, Wanita Karier
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:49 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5839 |
Actions (login required)
View Item |