Wardani, Rr. Putri Kusuma (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI PUTRI FINAL BISMILLAHIRROHMANIRROHIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Rr. Putri Kusuma Wardani. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Pembelajaran Menganalisis dan Mengonstruksi Teks Negosiasi (Eksperimen pada Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan kurikulum berbasis teks. Berdasarkan ruang lingkupnya, peserta didik diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa baik itu secara lisan maupun tulis. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X adalah kompetensi dasar menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. serta mengonstruksikan teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Untuk menjaga keobjektifan penelitian, metode yang digunakan adalah metode eksperimen karena penulis hendak menyelidiki hubungan sebab akibat antara variabel yang diteliti, yakni model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, menggunakan model pembelajaran Think Talk Write, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Data penelitian diolah dengan menggunakan uji statistik yaitu uji Wilcoxon, karena hasil uji normalitas seluruh data berdistribusi tidak normal. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan data posttest kelas eksperimen dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi diperoleh nilai Whitung (0) < nilai Wtabel (107,28). Artinya hipotesis diterima, bahwa model pembelajaran Think Talk Write efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Think Talk Write, Teks Negosiasi, Menganalisis dan Mengonstruksi Teks Negosiasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 25 May 2022 08:16 |
Last Modified: | 25 May 2022 08:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5811 |
Actions (login required)
View Item |