PROSES LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

AFIFAH, AGHNIA DHIA (2021) PROSES LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
2-SKRIPSI AGHNIA JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Aghnia Dhia Afifah (2021). Proses Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses literasi matematis siswa quitter, camper, dan climber dalam menyelesaikan soal program linear. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu soal proses literasi matematis dan angket Adversity Response Profile (ARP). Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pengajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan proses literasi matematis siswa quitter dimulai dari menafsirkan yaitu menjelaskan kembali masalah menggunakan bahasanya sendiri tetapi tidak merumuskan kalimat matematika, kemudian menerapkan dengan menyusun strategi penyelesaian masalah dan kembali merumuskan untuk membuat persamaan. Strategi yang disusun tidak sesuai dengan algoritma penyelesaian soal program linear, sehingga tidak menghasilkan solusi matematika dan hanya menyelesaikan sebagian masalah, tetapi mampu menafsirkan solusinya ke dalam konteks soal. Proses literasi matematis siswa camper dimulai dari menafsirkan yaitu menjelaskan kembali masalah menggunakan bahasanya sendiri dan menyebutkan sebagian informasi yang berguna untuk menyelesaiakannya, kemudian menerapkan dengan menyusun strategi penyelesaian masalah, tetapi mengubah strategi dengan merumuskan kembali tujuan dari soal untuk memperoleh hasil matematika. Setelah memperoleh hasil matematika subjek menafsirkan solusinya ke dalam konteks soal meskipun hasil yang diperoleh kurang tepat. Proses literasi matematis siswa climber dimulai dari menafsirkan yaitu menjelaskan kembali masalah menggunakan bahasanya sendiri dan menyebutkan seluruh informasi yang berguna untuk menyelesaiakannya, kemudian menerapkan dengan menyusun strategi penyelesaian masalah dan mampu mengaplikasikan strateginya hingga memperoleh hasil matematika. Setelah itu, subjek menafsirkan hasil matematika ke dalam konteks soal yang menjawab kedua permasalahan dengan tepat. Kata kunci: Proses, Literasi Matematis, Program Linear, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:20
Last Modified: 28 Apr 2022 04:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item