PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Survey pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya)

Novitasari, Asprillia (2021) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Survey pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI Asprillia Novitasari 162165004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Asprilia Novitasari (2021). “PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya)” Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembimbing Ati Sadiah, M.Pd , dan Astri srigustini, M.Pd., Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah pembelian impulsif yang banyak melanda kehidupan di masyarakat, fenomena ini menarik untuk diteliti mengingat perilaku pembelian impulsif juga banyak melanda kehidupan remaja khususnya pada siswa di zaman sekarang ini. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengaruh Literasi Ekonomi, dan Gaya Hidup Berbelanja terhadap Pembelian Impulsif Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu dari penyebaran angket. Populasi sebanyak 1.482 siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel sebanyak 449 siswa, dengan menggunakan teknik sampel area. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. populasi sebanyak 1482 siswa angkatan 2020/2021 dengan jumlah sampel 449 siswa. Hasil uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan regresi Y = 31,613 – 0,102 + 0,154 dengan variabel literasi ekonomi menunjukkan nilai regresi sebesar -0,102 variabel gaya hidup berbelanja menunjukkan nilai sebesar 0,154, dengan hasil Uji T untuk variabel literasi ekonomi yaitu nilai Thitung sebesar -1,705 < Ttabel sebesar 1,96 artinya literasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif, dan variabel gaya hidup berbelanja yaitu nilai Thitung sebesar 5,595 > Tatabel 1,96 artinya gaya hidup berbelanja berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Dan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,492 berarti pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Berbelanja terhadap Pembelian Impulsif sebesar 49,2%. Dan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 22,479 ≥ Ftabel 2,45, sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Berbelanja berpengaruh secara signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Kata Kunci : Literasi Ekonomi, Gaya Hidup Berbelanja, Pembelian Impulsif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:04
Last Modified: 26 Apr 2022 06:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

View Item View Item