Anggraeni, Ajeng (2021) ENGAGING THE STUDENTS’ LEARNING ACTIVITIES IN LITERATURE IN ELT COURSE THROUGH HAND GESTURES: A MULTIMODAL PERSPECTIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-COVER.docx.pdf Download (410kB) |
|
Text
2-APPROVAL SHEET.docx.pdf Download (300kB) |
|
Text
3-APPROVAL SHEET ALL THE EXAMINER.docx.pdf Download (246kB) |
|
Text
4-LEMBAR PERNYATAAN.docx.pdf Download (278kB) |
|
Text
5-PERSONAL PAGE.docx.pdf Download (271kB) |
|
Text
6-ABSTRAK.docx.pdf Download (264kB) |
|
Text
7-ABSTRACT.docx.pdf Download (368kB) |
|
Text
8-PREFACE.docx.pdf Download (282kB) |
|
Text
9-ACKNOWLEDGEMENTS.docx.pdf Download (298kB) |
|
Text
10-TABLE OF CONTENT.docx.pdf Download (295kB) |
|
Text
11-LIST OF FIGURES.docx.pdf Download (184kB) |
|
Text
12-LIST OF TABLES.docx.pdf Download (277kB) |
|
Text
13-LIST OF ENCLOSURES.docx.pdf Download (184kB) |
|
Text
14-CHAPTER 1.docx.pdf Download (307kB) |
|
Text
15-CHAPTER 2.docx.pdf Download (462kB) |
|
Text
16-chapter 3.docx.pdf Download (485kB) |
|
Text
17-CHAPTER 4.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
Text
18-CHAPTER 5.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
19-REFERENCES.pdf Download (421kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi gestur tangan yang dilakukan oleh seorang guru dalam menarik fokus mahasiswa pada saat belajar di mata kuliah Literature in ELT. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan kerangka Systemic functional multimodal discourse analysis (SFMDA) oleh Martinec (2000) dan appraisal system oleh Martin dan White (2005). Mode penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif discourse analysis. Partisipan yang ada pada penelitian ini berjumlah 3 orang dan peneliti menggunakan nama samara agar kerahasiaan dari identitas participant tetap terjaga. Temuan penelitian menunjukan bahwa peneliti telah menemukan beberapa gerakan tangan yang dilakukan oleh guru dan memungkinkan untuk membantu menyampaikan tujuan dari komunikasi verbal yaitu, meregangkan tangan, mengangkat tangan, melambaikan tangan, memutar tangan, sebagai gerakan komunikatif dan gerakan tangan pada wajah, tangan pada pinggang dan mengangkat tangan untuk melihat jam merupakan gerakan performative. Studi ini menyiratkan pentingnya fungsi gerakan tangan terutama dalam mengajar literature in ELT, karena hal tersebut memungkinkan guru untuk lebih terlibat dengan mahasiswa. Kata Kunci: Gestur Tangan Guru, Keterlibatan Siswa, Literature in ELT, Systemic Functional Multimodal Discourse Analysis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5570 |
Actions (login required)
View Item |