NOERFANI, SHIFA (2020) STRATEGI MARKETING POLITIK DALAM DEMOKRASI DESA (Kemenangan Ahmad Kartoyo dalam Pemilihan Kepala Desa 2016 di Desa Pawindan Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
CAVER.pdf Download (190kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui tentang Strategi Marketing Politik Dalam Demokrasi Desa. (Studi Kasus Kemenangan Ahmad Kartoyo Dalam Pemilihan Kepala Desa 2016 Di Desa Pawindan Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan Bagaimanakah marketing politik yang dilakukan oleh Ahmad Kartoyo dalam pemilihan Kepala Desa di Desa Pawindan. Adapun teori yang penulis gunakan dalam usulan penelitian ini adalah teori Marketing politik. politik oleh Ahmad Nursal yang menggunakan pendekatan marketing politik 3P. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Validitas data menggunakan Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) strategi push marketing yang dilakukan adalah memilih pemilih, menyiapkan strategi dan promosi. Kampanye dan promosi dilakukan dengan cara kunjungan langsung ke rumah-rumah warga dan ikut berpartisipasi dalam acara organisasi, seperti ikut hadir dalam acara BKMM Majelis Ta’lim; (2) strategi pull marketing yang dilakukan yaitu penggunaan simbol dan image yang saling berhubungan, simbol disini yaitu simbol pakaian yang dimana kandidat dan tim sukses nya kompak menggunakan koko kotak-kotak dan mengadakan pengajian dilanjutkan mubaligh di rumah Ahmad Kartoyo, sedangkan image nya yaitu dalam Ahmad Kartoyo nya sendiri yang harus memiliki jiwa sosial yang tinggi sehingga masyarakat tertarik kepadanya. Selain itu, mempromosikan lebih luas lagi melalui media sosial dan media cetak; (3) strategi pass marketing yang dilakukan mulai dari pemilihan Tim sukses, kalangan muda sehingga tokoh-tokong yang berperan penting. Sehingga dalam mempromosikan ketika berkampanye setidak nya sudah memiliki banyak perkiraan suara yang didapat nya. Kata Kunci : Strategi Politik, Marketing Politik, Demokrasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:59 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5557 |
Actions (login required)
View Item |