ANALISIS EFEKTIVITAS PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN OLAHAN BINAAN INOPAK INSTITUTE MELALUI PASAR MODERN DI TASIKMALAYA

Marselina, Marselina (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN OLAHAN BINAAN INOPAK INSTITUTE MELALUI PASAR MODERN DI TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI MARSRLINA NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Marselina. 2020. Analisis Efektivitas Penjualan Produk UMKM Makanan Olahan Binaan Inopak Institute Melalui Pasar Modern, Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah aktivitas usaha yang dilakukan oleh orang perorangan atau kelompok yang bertujuan untuk mensejahterakan individu maupun kelompoknya. Salah satu diantaranya yaitu UMKM bidang makanan olahan. Namun dalam pelaksanaan penjualan produk UMKM makanan olahan melalui pasar modern tidak selamanya berjalan lancar yang menyebabkan penurunan penjualan produk. Keberhasilan usaha penjualan dapat dilihat dari volume penjualan yang didapat. Volume penjualan adalah pencapaian penjualan yang dinyatakan secara kuantitatif dari segi fisik atau volume atau unit suatu produk. Untuk mengukur sebuah pencapaian tujuan dari organisasi dapat diukur dengan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bersifat menjelaskan tentang peristiwa melalui peringkasan data secara jelas kemudian dianalisis sehingga pada akhirnya menghasilkan kesimpulan. Data-data yang dikumpulkan melalui data primer yaitu data yang didapat langsung dari sumbernya dan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan dengan menggunakan sumber data tambahan yaitu dokumen baik dalam bentuk tertulis maupun foto sebagai pendukung untuk penguat data. Penjualan keseluruhan produk UMKM Gapura di Yogya Tasikmalaya cenderung naik turun setiap bulannya. Namun pada tiga bulan terakhir di tahun 2019, volume penjualan terus mengalami penurunan dengan persentase pada bulan Oktober 18,53%, bulan November 12,17% dan bulan Desember 15,66% dengan jumlah produk yang terjual hanya 700. Kemudian keenam produk produk UMKM Mitra Usaha Tasikmalaya di Asia Plaza Tasikmalaya tercatat terus mengalami penurunan volume penjualan. Persentase penurunan untuk produk Manisan Kelapa dan Manisan Honje sama yaitu sebesar 50%, untuk produk Ranchoc sebesar 42,86%, produk Kubaw Stik sebesar 37,5% dan produk Keripik Buah sebesar 20%. Jika situasi demikian terus berlanjut tentunya akan merugikan para UMKM. Jadi hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penjualan produk UMKM makanan olahan melalui pasar modern termasuk dalam kategori kurang efektif. Hal ini dilihat dari beberapa sisi. Pertama tidak tercapainya tujuan distribusi. Apabila tujuan distibusi telah tercapai dan terlaksana maka akan meningkatkan volume penjualan. Kedua, dilihat dari data volume penjualan yang menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:05
Last Modified: 21 Apr 2022 03:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item