MA’RUF, ADAM (2020) STRATEGI KAMPANYE JOKOWI – MA’RUF DALAM MENARIK SUARA MILENIAL DI KOTA BANJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (112kB) |
|
Text
ABSTRAK,LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR.pdf Download (457kB) |
|
Text
DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (463kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
Abstract
ABSTRAK Pada Pilpres 2014 di Kota Banjar, perolehan suara Capres Jokowi yang berpasangan dengan Yusuf Kala kalah dari Capres Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa, namun pada Pilpres 2019 Capres Jokowi yang berpasangan dengan KH. Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan suara 53,18%. Pada Pilpres 2019 Tim Sukses Capres Jokowi menggunakan strategi untuk mejaring suara milenial yang cukup banyak hingga 42,34% dari total Daftar Pemilih Tetap di Kota Banjar. Dengan menggunakan teori strategi komunikasi politik, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi kampanye Tim Sukses Jokowi – Ma’ruf dalam menjaring suara milenial di Kota Banjar pada Pilpres tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsiptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, karena digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan melalui wawancara yang terkait dengan strategi kampanye Jokowi – Ma’ruf dalam menjaring suara milenial di Kota Banjar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah kemudian dideskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa kemenangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin di Kota Banjar dengan meraih 53,18% suara tidak lepas dari strategi Tim Kampanye Pro Jokowi Kota Banjar yang secara efektip melaksanakan analisa peta politik, penentuan target pemenangan, pembentukan tim kampanye, perumusan strategi kampanye, jejaring, pengorganisasian kampanye, dan pengawalan perolehan suara. Dalam menarik suara kaum milenial dengan cara melibatkan komunitas-komunitas kaum milenial yang ada di Kota Banjar ke dalam Tim Kampanye, antara lain dengan memberikan keleluasaan untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik bagi kaum milenial, selain itu penggunaan media sosial yang unik dan kreatif sehingga menarik kaum milenial. Kata Kunci: Strategi, Kampanye, Jokowi – Ma’ruf, Milenial
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:26 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5461 |
Actions (login required)
View Item |