PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

CAHYANTI, DEDE INOK (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN baru.pdf

Download (32kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
8 BAB II.pdf

Download (460kB)
[img] Text
9 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12 dapus.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK DEDE INOK CAHYANTI. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi manusia (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai dengan bulan September 2017 di SMPN 9 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018 sebanyak lima kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol sebanyak 35 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi manusia. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:35
Last Modified: 18 Apr 2022 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item