Permana, Ani Disma Dik (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (42kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN.pdf Download (143kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (162kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISIII.pdf Download (99kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABELLL.pdf Download (10kB) |
|
Text
8 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text
9 BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf Download (248kB) |
|
Text
10 BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (194kB) |
|
Text
11 BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12 BAB 5 SIMPULAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Ani Disma Dik Permana. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kemampuan mengidentifikasi informasi dan meyimpulkan isi teks eksposisi merupakan salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Namun, kenyataan di SMP Negeri 1 Cibalong masih banyak siswa yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Group Investigation meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknis tes dengan sumber data siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu mengenai hasil belajar mengalami perubahan dan peningkatan. Hasil belajar pada siklus kesatu pertemuan pertama aspek pengetahuan terdapat 20 orang (67%) peserta didik yang sudah mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM sebanyak 10 orang (33%). Hasil belajar pada siklus kesatu pertemuan pertama aspek keterampilan terdapat 16 orang (53%) peserta didik yang sudah mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (47%). sedangkan pada siklus kedua proses belajar siswa mengalami peningkatan sehingga hasil belajar semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Cibalong untuk kelas VIII adalah 75. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini sudah terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:25 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5450 |
Actions (login required)
View Item |