Fitriani, Febi (2021) ENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED-HEAD-TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Islam Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI FEBI FITRIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Febi Fitriani. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Unsur-unsur Pembangun dan Makna Teks Puisi dengan Menggunakan Model Numbered-Head-Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII Islam Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP/MTs menurut Kurikulum edisi revisi yaitu kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca, serta 4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca. Meskipun demikian, di SMP Islam Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmalaya belum semua peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered-Head-Together meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII A SMP Islam Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VIII A SMP Islam Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021dengan jumlah peserta didik 32 orang yang tediri atas 20 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data pada siklus kesatu, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan 3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 19 peserta didik (59%) yang belum mencapai KKM dan 13 peserta didik (41%) yang telah mencapai KKM dari standar KKM 75. Dalam aspek keterampilan 4.7 7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 19 peserta didik (59%) yang belum mencapai KKM dan 13 (41%) peserta didik yang telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Numbered-Head-Together dapat mengingkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII A SMP Islam Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmlaya Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:21 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5436 |
Actions (login required)
View Item |