PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Sukmarajaya, Sukmarajaya (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Sukmarajaya_(162121045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sukmarajaya. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan serta Menyajikan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 yang belum mampu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik tes, teknik angket wawancara dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siklus kesatu pada aspek pengetahuan KD 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi, diketahui bahwa peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 12 peserta didik (37,5%) dan yang sudah mencapai KKM 20 peserta didik (62,5%), dan pada aspek keterampilan KD 4.6 menyajikan teks eksposisi, peserta didik yang belum mencapai KKM 14 peserta didik (43,75%) dan yang sudah mencapai KKM 18 peserta didik (56,25%). Pada siklus kedua, pada aspek pengetahuan KD 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi, peserta didik yang sudah mencapai KKM 32 peserta didik (100%), dan pada aspek keterampilan KD 4.6 menyajikan teks eksposisi, peserta didik yang sudah mencapai KKM 32 peserta didik (100%). Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:41
Last Modified: 07 Apr 2022 04:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item