KURNIA, NOER IMAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa kelas X IPS di SMAN 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (138kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (77kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (552kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK NOER IMAN KURNIA, 142165024. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. dibawah Bimbingan Drs. Syamsudin Arnasik M.Pd, dan Edi Fitriana Afriza, S.Pd, M.M. Masalah terutama pada mata pelajaran ekonomi yang diteliti dalam penelitian mengenai rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui manakah yang lebih optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian merupakan metode quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Teknik sampel yang diambil menggunakan sampling purposive dari dari seluruh kelas X IPS SMAN 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 93 siswa, yang membutuhkan perlakuan yaitu kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 32 orang untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing sedangkan kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa 32 orang untuk kelas kontrol menggunakan metode konvensional, dengan total 64 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 26 soal. Berdasarkan hasil penelitian, uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples T-Test untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen sedangkan untuk n-gain menggunakan Uji Indpendent Samples T-Test adapun hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh p value/sig-2 tailed kelas eksperimen ρ = 0,000. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing sebelum dan setelah perlakuan pada kelas eksperiemen untuk hipotesis kedua diperoleh p value/sig-2 tailed kelas kontrol ρ = 0,000. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan setelah perlakuan pada kelas kontrol. dan Hipotesis ketiga diperoleh p value/sig-2 tailed kelas n-gain ρ = 0,008 jadi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan model pembelajaran konvensional sebelum dan setelah perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 07:17 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5319 |
Actions (login required)
View Item |