ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL CIKURUBUK KECAMATAN MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA

Farhani, Fatia (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL CIKURUBUK KECAMATAN MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Fatia Farhani (2022). Analisis Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Pasar Tradisional Cikurubuk Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Pasar merupakan tempat berkumpulnya penjual untuk menjual berbagai kebutuhan pokok serta pembeli akan senantiasa membeli setiap kebutuhan yang diinginkankan. Jual beli yang dilakukan hendaknya memiliki unsur keterbukaan dan kejujuran antara kedua belah pihak agar salah satu pihak tidak merasa dirugikan, tidak jarang banyak transaksi jual beli yang dilakukan di pasar merugikan salah satu pihak karena tidak adanya kejujuran oleh karena itu, sering terjadi penyimpangan dalam melakukan transaksi jual beli. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut karena ketidaktahuan bahkan kesengajaan yang dilakukan oleh penjual. Sementara sudah jelas bahwa dalam melaksanakan kegiatan jual beli tidak boleh di lakukan sesuka hati karena dapat merugikan orang lain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang pasar tradisional Cikurubuk. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Adapun untuk sumber data primernya adalah dengan melakukan wawanacara kepada pedagang pasar Cikurubuk, sedangkan untuk data sekunder diperoleh melalui wawancara kepada pihak pengelola pasar dan pembeli di pasar Cikurubuk yang disertai dengan dokumentasi sebagai penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk tahapan analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman tahapannya yaitu: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pedagang di pasar Cikurubuk sebagian besar sudah menerapkan etika bisnis Islam terlihat dari prinsip tauhid, keadilan, kebenaran, tanggung jawab dan kehendak bebas yang sudah diterapkan. Oleh karena itu, pedagang di pasar Cikurubuk sudah memahami dan mengetahui mengenai etika bisnis secara islami. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pasar Tradisional, Transaksi Jual Beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:44
Last Modified: 04 Apr 2022 04:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item