REFLECTIVE PRACTICE IN INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM: A CASE STUDY OF AN INDONESIAN PRE-SERVICE TEACHER IN THAILAND

AULIYA, ACEP GAFAR (2020) REFLECTIVE PRACTICE IN INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM: A CASE STUDY OF AN INDONESIAN PRE-SERVICE TEACHER IN THAILAND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 HALAMAN AWAL.pdf

Download (632kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
04 BAB 3.pdf

Download (467kB)
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

ABSTRAK ACEP GAFAR AULIYA. 2020. Praktik Reflektif dalam Program PLP Internasional: Studi Kasus terhadap Seorang Calon Guru Asal Indonesia di Thailand. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Banyak sekali penelitian yang telah mendokumentasikan praktik reflektif yang dilakukan oleh guru dan calon guru selama pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dalam konteks ENL, ESL, dan EFL. Namun, hanya sedikit penelitian yang melaporkan praktik reflektif calon guru dalam konteks PLP internasional. PLP internasional memberikan peluang bagi para calon guru untuk merefleksikan sesuatu di luar kepentingan pribadi mereka. Dengan demikian, penelitian ini menggali aspek-aspek yang direfleksikan oleh seorang calon guru pada praktik mengajarnya dan kontribusi melakukan praktik reflektif pada praktik mengajarnya selama mengikuti PLP internasional. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap praktik reflektif yang dilakukan oleh seorang calon guru selama mengikuti PLP internasional di Thailand. Data dikumpulkan dari refleksi yang ditulis oleh calon guru tersebut dan dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa calon guru tersebut merefleksikan beberapa aspek utama yaitu strategi pengajaran, manajemen kelas, dan dimensi sosial�budaya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa praktik reflektif berperan dalam membantu seorang calon guru untuk menyajikan strategi pengajaran yang cocok dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, mengatasi masalah-masalah dalam manajemen kelas, dan menumbuhkan kesadaran akan perbedaan budaya antara dirinya dan siswanya. Pada akhirnya, kontribusi dari penelitian ini adalah untuk memfasilitasi calon guru untuk mengembangkan kemampuan refleksinya sebagai sarana untuk membangun pengembangan profesional guru. Kata kunci: PLP Internasional, Calon Guru, Refleksi, Praktik Reflektif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:32
Last Modified: 04 Apr 2022 04:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item