PERAN SEKOLAH LAPANG DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PERTANIAN (Studi Pada GAPOKTAN Sukamekar Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis)

GUNIWA, JERRY (2020) PERAN SEKOLAH LAPANG DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PERTANIAN (Studi Pada GAPOKTAN Sukamekar Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER LEMBAR DLL.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK \ JERRY GUNIWA, 2020, PERAN SEKOLAH LAPANG DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PERTANIAN (STUDI KASUS GAPOKTAN SUKAMEKAR DESA SINDANGHERANG KECAMATAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang mendalam mengenai peran program sekolah lapang dalam peningkatan hasil produksi pertanian GAPOKTAN Sukamekar di Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Penyuluh Pertanian dan Peserta sekolah lapang (Petani). Pengambilan data dilakukan kepada Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Penyuluh Pertanian dan Peserta sekolah lapang (Petani) dengan menggunakan instrumen berupa wawancara yang dalam bentuk reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebanyak 30 butir pertanyaan. Kegiatan belajar sekolah lapang berlangsung secarra periodik (mingguan), selama satu musim tanam. Program kegiatan menggunakan program jajar legowo. Pelaksanaan kegiatan belajar berupa pertemuan kelompok, penyampaian materi, dinamika kelompok, praktek, dan evaluasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan yang menciptakan perubahan berupa peningkatan jumlah hasil produksi panen sebelum dan sesudah mengikuti sekolah lapang, dan bisa mengaplikasikan teori yang didapatkan dilahannya sendiri. Kata Kunci: Sekolah Lapang, Pemberdayaan, Penyuluh Pertanian, Hasil Produksi Pertanian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:35
Last Modified: 31 Mar 2022 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item