ANALISA KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI 1997) (Studi Kasus : Bundaran Simpang Lima, Kota Tasikmalaya)

MAULLANA, DIMAS TEGUH (2021) ANALISA KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI 1997) (Studi Kasus : Bundaran Simpang Lima, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover , Lembar Pengesahan, Lembar Pernyataan.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

ANALISA KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI 1997) Dimas Teguh Maullana1 , Nina Herlina, Dra., M.T.2 , Novia Komala Sari, S.Pd., M.T3 . Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No.24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia Email: dimastmlln@gmail.com ABSTRAK Simpang lima adalah simpang yang mempertemukan jalan Dr. Sukarjo dan jalan R.E. Martadinta. Tingginya volume lalu lintas yang melewati bundaran ini menyebabkan terjadinya kemacetan karena arus lalu lintas yang tinggi dan kapasitas yang kurang memadai, terutama pada jam kerja. Dengan menurunnya kinerja simpang akan menimbulkan kerugian pada penggunaan jalan karena terjadinya penurunan kecepatan, peningkatan tundaan dan antrian kendaraan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penggunaan kamera sebagai alat bantu perekaman data volume lalu lintas. Data lebar jalan didapatkan di lapangan dengan mengukur langsung dengan menggunakan meteran pada setiap pendekat. Ketika data telah didapatkan maka akan dianalisis dengan berpedoman pada MKJI 1997. Hasil penelitian diperoleh kapasitas terbesar sebesar 6907 kend/jam pada hari Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 16.30 – 17.30 WIB. Dengan derajat kejenuhan terbesar sebesar 0,920. Dengan masing-masing ruas yaitu untuk jalinan AB (Jln. RE Martadinata) 2226 smp/jam, jalinan BC (Jln. Dr.Moh Hatta) 2156 smp/jam, jalinan CD (Jln. Dr.Sukarjo) 3209 smp/jam, jalinan DE (Jln. Panglayungan) 5070 amp/jam dan jalinan EA (Jln. Kapten Naseh) 2113 smp/jam. Kata Kunci : tingkat pelayanan, kapasitas bundaran, derajat kejenuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:08
Last Modified: 29 Mar 2022 06:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item