PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH DINDING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPERIALISME DAN KOLONIALISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

UMROTUN’AIN, TIARA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH DINDING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPERIALISME DAN KOLONIALISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4 ABSTRAK INDONESIA baru.pdf

Download (109kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (535kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (746kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA baruuu.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK TIARA UMROTUN’AIN. 2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH DINDING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPERIALISME DAN KOLONIALISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media pembelajaran majalah dinding pada mata pelajaran sejarah pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA 5 Tasikmalaya dengan jumlah 175 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 dengan jumlah 36 siswa. Sampel yang diambi dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes berpikir kritis dengan soal uraian sebanyak 9 butir. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media pembelajaran majalah dinding sebesar 80,07, sedangkan model rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning 70,45. Hasil pengolahan data uji hipotesis menggunakan Mann Whitney diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media pembelajaran majalah dinding berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Majalah Dinding, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:12
Last Modified: 17 Mar 2022 06:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item