PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR (Study Survey Pada Peserta Didik Kelas X dan XI MAN 3 Kota Tasikmalaya)

MARDALENA, SITI NURFITRI (2020) PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR (Study Survey Pada Peserta Didik Kelas X dan XI MAN 3 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
ABSTRAK SITI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I fix.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II fix.pdf

Download (454kB)
[img] Text
bab III fix.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB 4-5 SITI fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

ABSTRAK SITI NURFITRI MARDALENA. 2015. NPM. 152165125. “Pengaruh Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar”. (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas X dan XI MAN 3 Kota Tasikmalaya). Dosen Pembimbing Drs. Syamsudin Arnasik, M.Pd, Rendra Gumilar, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah hasil belajar peserta didik kelas X dan X1 MAN 3 Kota Tasikmalaya . Masih banyak peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh MAN 3 Kota Tasikmalaya yaitu 75. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar di kelas X dan XI MAN 3 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survei dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, penyebaran angket, dan study dokumentasi. Populasi dan sampel yang di tetapkan yaitu 141 peserta didik kelas X dan XI MAN 3 Kota Tasikmalaya responden dan dihitung validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data yang digunakan mengenai: Uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas dan uji hipotesa berupa uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ŷ= a + b1X1+ b2X2= 40,948 + 0,103X1 + 0,458X2 dengan hasil uji t untuk variabel sarana prasarana yaitu nilai thitung sebesar 2,224 dan ttabel 1,97730 dan motivasi belajar thitung 6,233 dan ttabel 1,97730 atau thitung ≥ ttabel. Artinya sarana prasarana dan motivasi belajar peserta didik berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Selanjutnya hasil dari uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,310 berarti pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 31%. Dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 31,022 dan Ftabel 3,06 atau Fhitung ≥ Ftabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sarana prasarana dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Sarana Prasarana, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:21
Last Modified: 14 Mar 2022 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item