PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS (Studi kuasi eksperimen peserta didik Kelas XI MIA MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

NUGRAHA, RAHMAN (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS (Studi kuasi eksperimen peserta didik Kelas XI MIA MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rahman Nugraha,2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis. (Penelitian Eksperimen terhadap kelas XI MIA pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 3 Kab. Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Gugum Gumilar,S.Pd.,M.Pd. dan Hj. Heti Suherti.,Dra.,M.M Masalah pada penelitian ini adalah belum tercapainya kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu berpikir analitis serta kurang beragamnya model pembelajaran di MAN 33 Tasikmalaya ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan PBL dalam meningkatkan kemampuan analitis peserta didik, dibandingkan dengan model konvensional. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu kelas XI MIA MAN 3 Kab. Tasikmalaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kendali/kontrol. Penelitian kemampuan berpikir analitis berdasarkan pada nilai pretest-posttest. Dari penelitian ini diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen 67,65 dan rata-rata pre-test kelas kontrol 67,71. Setelah dilakukan perlakuan pada kedua kelas tersebut maka dihasilkan nilai post-test kelas ekperimen 86,15 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol 71,18. Pada pengujian uji paired sample t-test didapatkan hasil t-hitung 0,000 < 0,005 pada kelas ekperimen, yang berarti Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen tersebut. Pada uji Independent sample t-test didapatkan hasil t-hitung 0,000 < 0,005 pada kelas eksperimen, yang artinya Ha diterima atau terdapat peningkatan kemampuan berpikir analitis pada kelas tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan analitis peserta didik. Key word : Problem, Based, Learning, Kemampuan, berpikir, analitis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:17
Last Modified: 14 Mar 2022 02:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item View Item